Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerja sama di bidang pertanian, khususnya meningkatkan produk pangan.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di Gorontalo, Senin mengatakan pihaknya bersama IPB telah menandatangani perjanjian kerja sama di aula internasional convention center Botani Square, dihadiri langsung rektor IPB Profesor Herry Suhardiyanto.

Ia mengaku semakin bersemangat menjalankan program pertanian, perikanan, peternakan dan kehutanan di daerah yang dipimpinnya, mengingat dukungan pihak Perguruan Tinggi terus meluas, baik di dalam maupun luar Gorontalo.

Kerja sama tersebut kata bupati, sangat penting bagi Gorontalo Utara mengingat potensi di sektor pertanian, perikanan, peternakan dan kehutanan yang sangat besar sehingga memerlukan dukungan dari dunia pendidikan dalam rangka implementasi pemanfaatan teknologi tepat guna.

"IPB bukan hanya menjadi salah satu Perguruan Tinggi ternama di Indonesia, namun perannya dalam meningkatkan produksi pangan sangat besar sehingga pemerintah daerah merasa wajib menjalin kerja sama yang diharapkan akan berpengaruh besar dalam pengembangan berbagai potensi unggulan di daerah ini," ujar bupati.

Kerja sama tersebut akan difokuskan di bidang teknologi, khususnya para tenaga ahli yang diharapkan mampu melakukan pendampingan melalui penelitian sederhana namun mampu menghasilkan produksi pangan secara signifikan.

Rektor IPB Profesor Herry Suhardiyanto mengatakan, IPB siap mengawal seluruh program pertanian di Gorontalo Utara, dengan kemampuan teknologi yang dimiliki.

Sembilan fakultas yang ada, diantaranya pendidikan, pertanian, perikanan, kelautan dan kehutanan diharapkan mampu mendukung cita-cita Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara untuk meningkatkan produksi pangan unggul yang akan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015