Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Gorontalo meningkatkan kemampuan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cakra Buana di Desa Tri Rukun, Wonosari, Kabupaten Boalemo.

Peningkatan kemampuan Pokdarwis dilakukan melalui sosialisasi penguatan 'branding' Desa Wisata Tri Rukun yang menjadi objek wisata andalan di wilayah itu.

Kepala Disparekraf Provinsi Gorontalo, Rifli Katili, pada kegiatan itu, Senin, mengatakan materi pertama yaitu pemberdayaan masyarakat desa wisata yang dibawakan oleh Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Gorontalo, Idah Syahidah.

"Selanjutnya materi peluang subsektor ekonomi kreatif sebagai nilai tambah pariwisata oleh Wakil Ketua Umum UMKM Kadin Provinsi Gorontalo dan materi penguatan branding desa wisata melalui media digital oleh Tim Coolturnesia," ujarnya.

Rifli menjelaskan, jika Desa Wisata Tri Rukun merupakan tempat ibadah Pura yang dikelola oleh masyarakat adat dan Pokdarwis Cakra Buana.

"Kami diinformasikan oleh Ketua BPPD Gorontalo agar melihat dan mendukung Desa Tri Rukun, berangkat dari situ kami membangun komunikasi dengan kepala desa dan Bupati, Khususnya dengan Ketua Pokdarwis," ucapnya.

Rifli mengatakan jika Desa Wisata tersebut kini setiap pekan, sudah mulai didatangi oleh ratusan pengunjung.

Desa Wisata Tri Rukun yang memiliki daya tarik budaya, atraksi dan suasana seperti di Bali tersebut, merupakan salah satu desa yang dimasukan dalam perwakilan Anugerah Desa Wisata yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021