Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menyebut Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo pada tahun 2022 sebesar Rp1,5 triliun.

"Dana tersebut untuk penanganan COVID-19, bencana alam dan program prioritas daerah," ujar Nelson usai mengikuti penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi transfer ke daerah dan Dana Desa oleh Presiden Joko Widodo secara virtual di Gorontalo, Senin.

Ia menjelaskan jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo masih akan tetap fokus menghadapi ancaman varian COVID-19, sebagaimana harapan Presiden Joko Widodo.

Setelah penyerahan secara simbolis oleh Presiden, Nelson mengaku, Pemerintah Kabupaten Gorontalo tinggal menunggu penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD tahun anggaran 2022 dari Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Nanti Pemerintah Provinsi yang akan menyerahkan di masing – masing Pemerintah Daerah, melalui Gubernur Gorontalo. Pada intinya kita sudah punya anggaran untuk Tahun 2022,” jelasnya.

Bupati mengatakan, setelah penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD, ia akan menggelar rapat koordinasi dan evaluasi (rakorev) bersama para pimpinan OPD pada bulan Desember mendatang. 

Rakorev nanti akan membahas realisasi program semester akhir tahun anggaran 2021 sekaligus memantapkan rencana pelaksanaan anggaran tahun 2022.

"Hal yang akan dibahas nanti yakni sejauh mana penyerapan anggaran tahun 2021, dan mempersiapkan pelaksanaan anggaran tahun 2022. Apalagi saat ini pembahasan APBD 2022," pungkas Nelson.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021