Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo melakukan evaluasi kinerja bagi aparat desa berbasis Computer Asissted Test (CAT) pada 2021 di Gedung CAT BK-DIKLAT Kabupaten Gorontalo.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat membuka kegiatan itu di Gorontalo, Rabu, mengatakan evaluasi itu dilakukan untuk peningkatan kinerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

Peserta evaluasi kinerja perangkat desa itu sebanyak 2.064 orang, yang tersebar di 191 Desa dan 18 Kecamatan di wilayah Kabupaten Gorontalo.

Bupati Nelson menjelaskan evaluasi kinerja aparat desa wajib dilakukan dalam rangka mewujudkan transformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

"Untuk mewujudkan transformasi birokrasi, pemerintah daerah berkeinginan ada peningkatan kinerja dari seluruh aparat baik di tingkat Kabupaten, kecamatan maupun desa," ujar Nelson.

Ia menjelaskan Pemerintah daerah melalui Badan Kepegawaian nantinya juga akan melakukan evaluasi bagi tenaga kontrak di Kabuapaten Gorontalo untuk peningkatan kinerja.

Ia menyakini apabila terjadi peningkatan kinerja bagi aparatur maka pelayanan, pembangunan dan pemerintahan akan menjadi lebih baik sebab desa merupakan ujung tombak pembangunan daerah.

"Sebagai aparat tidak hanya bekerja dengan baik tetapi juga dapat menyelesaikan masalah, sehingga yang disebut SDM tangguh dan produktif bisa lahir melalui evaluasi tersebut," lanjutnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021