Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango mengalokasikan anggaran sebesar Rp100 miliar, untuk penanggulangan kemiksinan di daerah tahun 2014.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Senin, mengatakan, penanggulangan kemiskinan di daerah itu dioptimalkan dengan beberapa program sosial, jaminan kesehatan masyarakat, bantuan beasiswa bagi 2.000 siswa dan 500 mahasiswa dari keluarga miskin.

Serta memfasilitasi pelaksanaan program keluarga harapan dan distribusi beras bersubsidi bagi rumah tangga miskin, kemudian pengembangan asuransi kematian bagi 52 ribu masyarakat miskin.

Selain itu juga upaya penanggulangan kemiskinan akan dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat, melalui dukungan `sharing` pembiayaan program nasional, penguatan dan peningkatan alokasi dana desa dengan besaran alokasi 175 juta hingga 200 juta per desa.

"Kita akan melakukan peningkatan kualitas pada pelaksanaan dana infrastruktur kecamatan," ujar Hamim, seraya menambahkan bahwa mulai tahun 2014 alokasi belanja untuk tunjangan aparat desa akan dipisahkan dengan belanja publik desa.

Penanggulangan kemiskinan yang akan dibiayai oleh anggaran Rp100 miliar itu, akan difokuskan pada penguatan usaha ekonomi rakyat melalui fasilitasi kredit usaha rakyat.

Kemujdian bantuan program usaha peternakan sapi 1.000 ekor, ternak ayam, bantuan usaha dua juta per hektar untuk pemanfaatan 1.000 hektar lahan tidur serta bantuan bibit dan sarana produksi pertanian.

Bantuan lainnya Kata Hamim, adalah sarana prasarana perikanan tangkap, budidaya laut dan air tawar, fasilitasi peralatan produksi dan modal usaha bagi 500 kelompok usaha mikro, kecil dan menengah.

"Termasuk juga pengembangan program pendukung lainnya, melalui penyediaan ribuan hunian pantas dalam bentuk bantuan rumah layak huni, bantuan bahan bangunan rumah," kata Hamim.

Pemkab Bone Bolango akan memfasilitasi pelaksanaan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), bantuan 2.000 instalasi listrik, bantuan 1.000 instalasi air bersih, dan bantuan sanitasi lingkungan berupa 1.500 jamban sehat bagi rumah tangga miskin.

Pewarta: Oleh Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013