Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek menggandeng PT Pos Indonesia Cabang Gorontalo menjalin kerja sama pembayaran iuran untuk memudahkan peserta program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

"Lewat kanal layanan PT. Pos Indonesia, baik pada Kantor Pos maupun aplikasi Pospay, masyarakat peserta Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan, itu sudah bisa membayar iurannya," kata Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Gorontalo, Hendra Elvian di Gorontalo, Senin.

Hendra menjelaskan, gagasan menggandeng PT. Pos Indonesia merupakan terobosan dari Kantor BPJamsostek Pusat yang harus diimplementasikan di daerah. Karena salah satu tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat, khususnya peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan adanya penambahan kanal pembayaran di PT. Pos Indonesia, itu katanya dapat mempermudah peserta BPJS Ketenagakerjaan, khususnya untuk melakukan proses pembayaran iuran, baik yang datang langsung ke Kantor Pos atau melalui aplikasi Pospay.

Ia berharap, kerja sama itu bisa ditindaklanjuti bersama, baik dari BPJS Ketenagakerjaan maupun PT. Pos Indonesia dengan mensosialisasikannya secara langsung kepada masyarakat.

Apalagi kalau secara wilayah, PT. Pos Indonesia Cabang Gorontalo lebih banyak kantornya dibandingkan BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami di Gorontalo hanya terbatas dua kantor cabang. Sementara PT. Pos Indonesia ada 15 kantor cabang di Gorontalo dan itu bisa menyentuh disemua lapisan masyarakat," jelas Hendra Elvian.

Menurutnya, memang selama ini sudah ada beberapa kanal lain yang sudah tersedia untuk pembayaran iuran peserta Jamsostek. Seperti Indomaret, Alfamart, juga bekerja sama dengan bank, aplikasi Link Aja, Tokopedia, dan lain sebagainya. Tetapi tidak salah juga kami akan menambah kanal, yakni PT. Pos Indonesia, selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk pembayaran iuran di kanal PT. Pos Indonesia, jelas Hendra, itu sudah mencakup peserta Penerima Upah (PU) dan juga Bukan Penerima Upah (BPU). "Jadi untuk pembayaran iuran peserta PU dan BPU, itu sudah bisa dilakukan melalui PT. Pos Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Gorontalo, Abdul Hafid, mengungkapkan dengan adanya kerjasama antara PT. Pos Indonesia dengan BPJS Ketenagakerjaan tentu akan memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran iuran peserta Jamsostek.

Apalagi didukung dengan outlet PT. Pos Indonesia di Provinsi Gorontalo ada 15 kantor cabang yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Maka seluruh PT. Pos Indonesia akan menjadi sarana bagi masyarakat yang berdomisi di wilayah tersebut untuk melakukan pembayaran iuran Jamsostek.

"Jadi lebih memudahkan masyarakat. Fokus kami seluruh kantor cabang yang ada di Gorontalo, itu siap untuk melayani pembayaran iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan masyarakat," ujar Abdul Hafid.

Sistem pembayarannya iuran Jamsostek di PT. Pos Indonesia jelas Abdul Hafid, selain bisa datang langsung di Kantor Pos, juga bisa melalui aplikasi Pospay.

"Dalam aplikasi Pospay ini sudah ada beberapa fitur, salah satunya adalah pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan dan saat ini sudah mulai berjalan," kata dia.

Kedepan, tambah Abdul Hafid, pihaknya bersama dengan tim BPJS Ketenagakerjaan, nantinya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga mereka sudah bisa tahu bahwa di PT. Pos Indonesia sudah bisa dibayarkan iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021