Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Untuk memeriahkan perayaan Tahun baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriah, pemerintah Kota Gorontalo menggelar pawai "Hijratur Rasul".

Pawai yang diikuti oleh seribu lima ratus peserta, terdiri dari unsur pemerintah daerah, sekolah-sekolah, taman kanak-kanak dan perwakilan masjid, serta taman pengajian dan organisasi keagamaan tersebut, pelepasannya dilakukan Walikota Gorontalo Marten Taha.

Peserta pawai tersebut akan mengambil rute berkeliling pada sejumlah wilayah tertentu di daerah tersebut.

Peserta pawai menggunakan mobil, bentor (becak motor) maupun motor dan sepeda yang di hias sedemikian rupa dan peserta pawai juga menggunakan beraneka pakaian seperti pakaian adat hingga pakaian muslim.

Dalam sambutannya Walikota Gorontalo, Marten Taha mengatakan

hampir seluruh umat Islam khususnya yang ada di Kota Gorontalo merasa berbahagia karena hari ini adalah tahun baru Islam.

"Semua unsur ikut ambil bagian dalam perayaan tahun baru Islam ini, dengan mengikuti pawai," kata Marten.

Husen salah seorang warga Gorontalo yang turut memeriahkan pawai mengatakan sangat senang bisa ikut memeriahkan pawai "hijratur Rasul" untuk memperingati tahun baru Islam tersebut.

"Saya barusan dari kebun dan langsung ke lokasi pawai agar dapat turut memeriahkan perayaan setahun sekali disini," kata husen.

Pawai Tahun baru Islam 1 muharram 1437 hijriah tersebut dipadati oleh ribuan warga Gorontalo yang ingin melihat langsung iring-iringan pawai dengan beraneka pakaian dan kenderaan yang di hias oleh peserta pawai.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015