Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo Hamim Pou mengajak seluruh kepala desa (kades) bergerak cepat dalam menurunkan angka kemiskinan di desa masing-masing di daerah itu.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Hamim Pou pada kunjungan kerja monitoring dan evaluasi penyelenggaraan program percepatan penanggulangan kemiskinan di Suwawa Tengah, Kamis.

Ia menegaskan pemerintah daerah bersama desa harus bergerak cepat dan mampu untuk menurunkan angka kemiskinan di desa-desa yang difokuskan ke keluarga hampir miskin.

"Ini yang menjadi fokus para kepala desa terutama dalam aspek pemberdayaan," kata dia.

Hamim mengungkapkan ada banyak program di kabupaten dan desa terkait dengan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Akan tetapi, ia meminta difokuskan dalam program Dana Desa (DD) bagi 10 kepala keluarga (KK) yang hampir miskin.

"Apalagi ini sudah dibuatkan kontrak kinerja percepatan penanggulangan kemiskinan, dan kepala desa yang ingin maju kembali harus merealisasikan kontrak kinerja ini," ucapnya.

Dia mengatakan jika diupayakan di setiap desa 10 KK per tahun maka secara total Kabupaten Bone Bolango mampu menurunkan kemiskinan terhadap 1.650 KK.

"Akan ada apresiasi bonus tambahan kepada desa yang mampu menurunkan angka kemiskinan di 2023 nanti. Jika semua berhasil seluruh aparat desa akan dinaikkan gajinya," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022