Dinas Lingkungan Hidup, Pertanahan, dan Perhubungan (DLHPP) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo kini memiliki memiliki alat uji kendaraan mobile dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou usai meninjau alat uji kendaraan mobile tersebut di Gorontalo, Kamis mengatakan jika alat tersebut belum permanen.

"Alat uji ini kita usulkan ke Kementerian Perhubungan, dan berkat aspirasi dari bapak Rahmat Gobel, selaku Wakil Ketua DPR RI agar kiranya Provinsi Gorontalo termasuk Kabupaten Bone Bolango bisa mendapatkan alat uji kendaraan mobile ini," katanya.

Kedepan kata Bupati, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango akan mengadakan alat uji kendaraan permanen dengan dukungan peralatan yang lebih lengkap dan layanan lebih cepat.

Ia menjelaskan, alat tersebut digunakan untuk memastikan seluruh kendaraan di seluruh Provinsi Gorontalo termasuk di Bone Bolango, dalam keadaan layak pakai.

"Baik kendaraan penumpang atau kendaraan darat," ungkap Hamim.

Kemudian, keberadaan alat uji kendaraan itu juga untuk membantu masyarakat mengurangi dan mencegah kecelakaan.

"Tidak boleh kendaraan itu kita anggap layak dipakai atau tidak, tapi harus diuji lewat alat uji kendaraan ini," ujar Bupati.

Selanjutnya, alat uji kendaraan tersebut bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ada ribuan kendaraan di Bone Bolango kata Hamim terkadang belum diuji. Kalaupun diuji harus ke daerah lain. 

"Dengan kehadiran sementara alat uji kendaraan mobile ini diharapkan bisa membantu masyarakat Gorontalo dan masyarakat di provinsi tetangga untuk datang menguji kendaraannya di Bone Bolango," bebernya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022