Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Jaharudin Umar, Jumat, mengatakan pihaknya meminta dukungan berupa tambahan pegawai atau Sumber Daya Manusia (SDM) dari Pemprov Gorontalo.

Bawaslu sebelumnya telah bertemu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kamis (6/1),  untuk membahas hal tersebut, termasuk rencana hibah tanah untuk pembangunan kantor Bawaslu.

Ia berharap dukungan tersebut bisa cepat terealisasi, sehingga menambah semangat dalam mengawal proses pelaksanaan pemilu dan pilkada pada tahun 2024.

“Kami sampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, karena  telah memberikan dukungan fasilitas terutama kantor yang kami gunakan saat ini. Tentu ini sebagai sarana pendukung utama, namun dari sisi SDM kami juga masih membutuhkan penambahan,” ungkapnya di Gorontalo.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengatakan suksesnya pelaksanaan pemilu 2024 khususnya di bidang pengawasan butuh dukungan penuh pemerintah daerah diantaranya ketersediaan anggaran, fasilitas kantor yang representatif, dan SDM pegawai yang dibutuhkan.

Untuk fasilitas kantor berupa pembangunan gedung Bawaslu, ia sudah meminta semua pihak terkait agar segera menyelesaikan proses administrasi hibah tanah, yang masih terhambat oleh surat pelepasan hak atas tanah.

Surat tersebut yang akan menjadi dasar penerbitan sertifikat oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Semoga prosesnya selesai dalam waktu dekat, agar Bawaslu segera memiliki gedung baru,” ujarnya.

Untuk dukungan tenaga SDM atau pegawai, Rusli meminta pihak Bawaslu untuk segera menyampaikan permohonan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Permohonan wajib mencantumkan syarat dan ketentuan yang dibutuhkan baik dari latar belakang pendidikan, pangkat, dan golongan.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022