Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango berkolaborasi dengan Tim Program Holistik Pembinaan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) meluncurkan Edu-Geowisata pertama di Provinsi Gorontalo.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou usai peresmian Desa Edu-Geowisata “Oluhuta Journey” di Desa Oluhuta, Kecamatan Kabile Bone, Kamis menyatakan bersyukur Bone Bolango bisa menjadi satu-satunya lokasi pengembangan wisata berbasis geosite.

"Oluhuta ini sangat kaya karena sangat berdekatan dengan Taman Laut Olele dan Hiu Paus Botubarani, maka ini sangat komplit untuk menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung," ujar Bupati Hamim Pou.
 
Bupati pun berharap apa yang telah dirintis oleh 13 mahasiswa PHP2D UNG ini untuk terus dikembangkan agar dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat serta pendapatan asli daerah (PAD).

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Negeri Gorontalo, Karmila Machmud, mengungkapkan program PHP2D ini dilaksanakan untuk melatih mahasiswa dalam mengembangkan wilayah pedesaan.

Ia juga menambahkan di tahun 2021, UNG berhasil meraih peringkat tiga dalam PHP2D itu.

"Maka melalui program ini kami berharap para mahasiswa dapat menunjang segala aspek yang dapat didorong untuk dikembangkan di seluruh desa yang ada di Bone Bolango maupun Gorontalo," jelas Karmila Machmud.

Hasil dari Tim PHP2D tersebut berhasil menghadirkan Oluhuta Journey Finding yang di dalamnya terdapat situs kerangka manusia Oluhuta yang diperkirakan berumur 700 tahun dan tertimbun di kedalaman tanah dua meter serta wisata lautan terangkat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022