Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, mendukung pengembangan kebun pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) desa.

"Kegiatan kebun PKK desa mulai berhasil dikembangkan dan terbukti mampu menjadi pendapatan bagi desa maupun ibu-ibu di desa. Digerakkan oleh tim penggerak PKK, kebun desa mampu produktif seperti yang dilakukan PKK Desa Leboto, Kecamatan Kwandang," kata Wabup Thariq, di Gorontalo, Kamis.

Keberhasilan tersebut mampu mendorong semangat para ibu dalam pemanfaatan lahan pekarangan yang ada di desa, menjadi lahan produktif yang hasilnya bermanfaat bagi kesejahteraan keluarga.

"Saya telah mengunjungi kebun Desa Leboto, dan berharap seluruh desa di 11 kecamatan dapat menerapkan aktivitas yang sama. Memanfaatkan lahan yang ada di desa agar produktif dan menghasilkan produk-produk pertanian hingga produk olahan dari komoditas pertanian, yang bernilai ekonomis tinggi," katanya.

Ia pun mengapresiasi keberhasilan yang diraih PKK Desa Leboto, yang menjuarai lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2021.

"Ini diharapkan dapat memotivasi PKK desa lainnya, untuk mengembangkan kebun PKK sebagai bagian dari upaya membentuk ketahanan pangan di daerah ini, termasuk di Provinsi Gorontalo," katanya pula.

Ia meminta agar desa-desa lainnya untuk segera berbenah memanfaatkan lahan pekarangan masing-masing untuk dikelola dengan baik.

Pengelolaannya tidak terbatas oleh ibu-ibu dalam organisasi PKK, namun bisa digerakkan oleh Karang Taruna maupun organisasi lainnya yang ada di desa. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022