Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mulai menggelar vaksinasi penguat (booster) COVID-19 bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu.

"Pelaksanaannya kita jadwalkan setiap pekan. Diawali di pemerintahan tingkat kabupaten yang dipusatkan di setiap kantor organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memudahkan pelayanan vaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara Rizal Yusuf Kune di Gorontalo, Senin.



Vaksinasi penguat, kata dia, memprioritaskan ASN, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pegawai tidak tetap (PTT) yang bertugas di bidang pelayanan publik atau yang banyak berinteraksi dengan publik, seperti guru atau tenaga pendidik dan kependidikan di Dinas Pendidikan, Badan Keuangan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu, serta TNI dan Polri.

Namun, seluruh gerai vaksinasi COVID-19 yang dibuka akan tetap melayani ASN secara keseluruhan yang akan divaksin dosis 1 dan dosis 2 serta yang telah memenuhi syarat untuk vaksinasi booster. "Kita tetap membuka dan memudahkan pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk seluruh dosis," katanya.



Hingga saat ini, kata dia, capaian vaksinasi dosis 1 di daerah itu mencapai 80.593 sasaran atau 80,67 persen, dosis kedua mencapai 54.840 sasaran atau 54,89 persen, dan dosis ketiga mencapai 1.195 sasaran atau 1,20 persen. Total sasaran untuk vaksinasi COVID-19 di daerah itu mencapai 99.908 orang yang tersebar di 123 desa. Jumlah tersebut belum termasuk 11.997 sasaran anak usia 6 hingga 11 tahun.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022