Duta Cegah Kanker Serviks Zaskia Adya Mecca dan Prilly Latuconsina mengaku peduli terhadap pentingnya pencegahan kanker serviks setelah belajar dari kasus yang dialami Julia Parez atau  yang akrab disapa Jupe.

“Jadi aku baru sadar aware soal yang namanya vaksin HPV (Human papillomavirus) itu ketika aku jenguk almarhumah kak Jupe,” ungkap Zaskia saat diskusi daring, Jumat.

“Pas jenguk kak Jupe tuh di akhir-akhir hidupnya sempet ngingetin pas aku datang ke rumah sakit dia bilang ‘Zas, lu harus ya meningkatkan awareness ini. Lu harus sadar sama diri sendiri. Sudah papsmear belum?’ Terus aku bilang belum kak,” lanjutnya.

Senada dengan Zaskia, Prilly pun mengungkapkan hal yang sama. Selain belajar mengenai kanker serviks dari mendiang sang tante, Prilly juga mendapatkan pengetahuan tentang vaksin kanker serviks dari Julia Perez.

“Sebenarnya awal aku memutuskan untuk vaksin itu juga sama dari almarhumah kak Jupe,” ujar Prilly.

“Jadi sebelumnya tante aku, kakaknya mama itu kena kanker serviks. Tapi aku nggak tahu kanker serviks itu apa dan kenapa. Masih belum terlalu aware,” tambahnya.

Lebih lanjut, Prilly menceritakan bahwa tak lama setelah sang tante meninggal dunia, dia mengenal almarhumah Julia Perez dan mendapatkan pesan tentang vaksin kanker serviks dari dirinya.

“Terus akhirnya almarhum tanteku berpulang. Nggak lama kemudian setelah aku lebih ngerti lagi soal kanker serviks aku kenal sama kak Julia Perez,” kata Prilly.

“Tiba-tiba dia mengumumkan kalau dia terkena kanker serviks. Akhirnya dia banyak sharing ke aku kanker serviks itu apa,” jelas Prilly.

Menimpali Prilly, Zaskia pun mendoakan dan berharap agar pelajaran yang didapat dari Julia Perez itu bisa menjadi amal yang baik bagi Jupe.

"Semoga ini menjadi salah satu amal jariahnya juga karena jadi banyak orang yang tersadarkan untuk memberikan vaksin HPV sedini mungkin kepada anak-anak perempuan, khususnya ibu," tutup Zaskia.
 

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022