Pemerintah Kabupaten Gorontalo mengapresiasi pelatihan potensi SAR oleh Basarnas Gorontalo di Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Senin, karena meningkatkan kemampuan personel SAR setempat dalam penanganan bencana.

Asisten II Setda Kabupaten Gorontalo Roni Sampir di Gorontalo, Senin, mengatakan pelatihan itu dibutuhkan personel SAR dalam menghadapi bencana alam.

Terlebih, katanya, saat ini kondisi cuaca tidak menentu yang rawan menimbulkan bencana alam.

"Tentu kalau kita melihat fenomena-fenomena selama ini cuaca dan lainnya dan kita mendengar bahwa banyak bencana yang terjadi dan lain sebagainya tentu ini sangat membutuhkan tenaga-tenaga profesional," ucapnya.

Roni berharap, pelatihan yang diikuti 100 orang tersebut dapat melahirkan tenaga terlatih dan profesional dalam penanganan bencana, serta kegiatan SAR lainnya.

Dia menyebut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan tim SAR setempat, antara lain terbentuknya tim yang dapat merespons cepat terhadap bencana.

"Karena waktu kecepatan inilah yang menentukan keselamatan daripada yang mengalami bencana seperti itu," ungkapnya.

Ia menawarkan kerja sama dengan Basarnas Gorontalo karena Kabupaten Gorontalo memiliki tim Public Service Center yang bertugas memberikan pelayanan cepat terhadap kasus kedaruratan.

"Insyaallah dengan kerja sama seperti ini maka pelayanan pada saat ini maksimal," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022