Ketua Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek), Nelson Pomalingo mengatakan pihaknya akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) atau diskusi terfokus pada komoditas kelapa pada akhir Maret 2022 di Jakarta.

Ia mengaku jika sebelumnya Kopek telah bertemu dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di kantor Kementerian Kamis (19/3).

"Alhamdulillah, respon pak Menko baik terhadap pelaksanaan FGD, bahkan beliau siap memfasilitasi kegiatan ini," ucapnya di Gorontalo, Jumat. 

Nelson yang juga menjabat sebagai Bupati Gorontalo itu mengungkapkan, Menko Perekonomian pada FGD nanti akan membahas luas mengenai kelapa serta kegiatan ekspor.

"Ini semua demi rakyat, khususnya petani kelapa yang begitu besar dalam tanaman perkelapaan, termasuk pengusaha kelapa. Beliau apresiasi keberadaan Kopek," kata Nelson.

Pada pertemuan dengan Menko Arilangga, kata Nelson, ia menyampaikan potensi kelapa Indonesia, mulai dari luas lahan, produk hasil kelapa dan besarnya potensi minyak kelapa untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng.

"Juga disepakati akan ada juga Rakornas terkait kelapa, tujuan akhirmya menciptakan kualitas kelapa Indonesia dan pembentukan Konsorsium kelapa," bebernya.

Pada rakornas nanti kata Nelson, Kopek akan hadirkan para pengusaha kelapa dan pemerintah daerah. Berbagai pembahasan pun akan dilakukan bersama terkait pengelolaan kelapa dari hulu ke hilir.

"Karena dengan begitu kelapa akan terkelola dengan baik termasuk mencari jalan keluar dengan kelangkaan minyak goreng," ungkap Nelson.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022