Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Gorontalo membekali sejumlah pegiat literasi digital di daerah itu, dengan pelatihan konten kreatif media sosial (medsos).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili mengatakan 'Training of Trainer' tersebut, menghadirkan narasumber Koordinator Komunikasi Media Digital Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firnandi Gufron dan editor video National Geographic Indonesia Ricky Martin. 

"Pelatihan ini bertujuan untuk menambah pemahaman dan kemampuan teknik pengambilan foto dan video, serta bermedia sosial dengan baik. Hal ini juga akan mendorong  insan kreatif untuk mempromosikan pariwisata daerah melalui sentuhan digital," kata Rifli di Gorontalo, Kamis.

Rifli Katili mengharapkan kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut, menjadi wadah bagi peserta untuk menambah pengetahuan seputar konten kreatif dalam meningkatkan promosi pariwisata daerah. 

Menurutnya kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang pernah diselenggarakan tahun sebelumnya.

“Bedanya, pada tahun ini difokuskan pada peningkatan keahlian mengelola medsos bagi para konten kreator yang sudah mendapatkan pelatihan tahun lalu,” katanya.

Training of trainer kreatif media sosial  tersebut mengusung tema “Teknik Produksi Konten Kreatif di Media Sosial untuk Promosi Pariwisata Gorontalo”. 

Para peserta yang hadir berasal dari  tim konten kreatif Dinas Pariwisata se-Provinsi Gorontalo, mitra pariwisata, dan komunitas pariwisata.

Pada hari pertama, para peserta mendapat pemaparan teori dan mempraktikkan pengetahuannya di kawasan Benteng Otanaha.

Para peserta diminta mengeksplorasi obyek wisata tersebut, dengan modal kamera ponsel, DSLR, mirrorless dan drone untuk mengambil foto dan video. 

Hasil pengambilan foto dan video tersebut, akan dijadikan materi promosi oleh peserta dengan bimbingan instruktur.

 

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022