Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo membentuk dan melakukan pelatihan kepada 55 relawan pemadam kebakaran di Limboto, Provinsi Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Sabtu, mengatakan perencanaan, persiapan, dan antisipasi terjadinya kebakaran perlu dilakukan sejak dini.

"Kita harus siap untuk mengantisipasi dan melakukan penanganan bencana, termasuk kebakaran," ujar dia.

Ia menjelaskan untuk menciptakan relawan yang mumpuni dalam menangani kebakaran, maka program pelatihan harus dilakukan dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan apa saja yang berpotensi terjadinya kebakaran.

Berdasarkan survei, kata dia, kebakaran sering terjadi akibat masalah listrik. Oleh karena itu harus ada langkah antisipasi, seperti memeriksa dan melakukan peremajaan instalasi listrik di rumah dan perkantoran.

Selanjutnya, kata Nelson, dibutuhkan kolaborasi, di mana untuk melatih para relawan pemadam kebakaran, BPBD menggandeng pihak puskesmas, Satpol PP hingga linmas.

"Kita harus memiliki inisiatif seperti melakukan pembentukan dan pelatihan bagi relawan," kata dia.

Kepada petugas dan Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, ia memberikan apresiasi dengan melihat kinerja yang cepat dan tanggap dalam penanganan dan merespons informasi bencana.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022