Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato telah menjadwalkan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pilkada 9 Desember 2015, akan dimulai pada Rabu (18/11).

Anggota KPU Kabupaten Pohuwato Divisi Perencanaan, Keuangan, Logistik Organisasi Rinto W. Ali, Selasa menjelaskan, surat suara untuk Pilkada Pohuwato yang dicetak di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, telah tiba di kantor KPU setempat dengan mendapat pengawalan pihak Kepolisian.

"Untuk mempercepat proses pelipatan, kami telah menyiapkan 18 orang staf KPU dan tidak melibatkan pihak luar," kata Rinto.

Ia menambahkan, untuk tim yang akan melakukan pelipatan, nantinya akan diawasi internal KPU dan dari pihak kepolisian, di mana setelah mereka melakukan pelipatan, akan ada pemeriksaan, hal ini guna mengantisapasi hilang atau berkurangnya surat suara.

Surat suara untuk Pilkada Pohuwato dicetak sebanyak 98.839 lembar sudah termasuk ketambahan 2,5 persen, untuk disebarkan di 228 TPS yang tersebar di 13 Kecamatan se-Kabupaten Pohuwato.

"Kami targetkan dua minggu ke depan, semua logistik pilkada ini telah selesai pengepakan untuk siap diditribusikan," ujar Rinto W Ali.

Pihaknya berharap, dalam proses pelipatan tidak ditemukan lagi surat suara yang rusak, mengingat saat pencetakan juga telah dilakukan penyortiran, meskipun demikian, jika ditemukan surat suara yang rusak,

pihak perusahaan telah bersedia melakukan penggantian.

Untuk Pilkada Pohuwato, KPU telah menetapkan tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, yaitu dua pasangan calon diusung lewat jalur partai politk, yaitu pasangan Syarif Mbuinga-Amin Haras dan pasangan Mulyadi Panigoro-Syarwan La Duhu.

Sementara pasangan calon Salahudin Pakaya-Burhanuddin Mantulangi, lewat jalur persorangan.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015