Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengatakan Pemprov mendukung penuh program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di daerah itu.

“Banyak bukti bahwa Pemprov Gorontalo benar-benar mendukung dan peduli pada hal ini. Sejumlah strategi kami terapkan agar peredaran narkoba ini dapat ditekan,” katanya pada rapat kerja program pemberdayaan masyarakat anti narkoba di Hotel Maqna Kota Gorontalo, Kamis.

Menurutnya dukungan pada keberhasilan program P4GN di Gorontalo, diwujudkan dalam bentuk kebijakan maupun regulasi.

Dukungan regulasi meliputi Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Terhadap Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Zat Adaptif Lainnya.

Selanjutnya perda itu diperkuat lagi dengan Peraturan Gubernur Nomor 42 tahun 2020 tentang Rancangan Aksi Daerah P4GN dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024.

Selain itu, Pemprov Gorontalo juga aktif melakukan sosialisasi P4GN di kalangan ASN, pelajar, dan guru-guru.

Deteksi dini berupa tes urine bagi ASN juga sering dilakukan bergilir di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemprov.

Ia menambahkan, sosialisasi P4GN merupakan hal yang sangat penting dan merupakan wujud sinergi antara BNN, Pemprov serta instansi lainnya yang dapat menciptakan jejaring yang kuat untuk menanggulangi masalah penyalahgunaan narkoba.

“Meskipun tantangan yang kita hadapi tidak mudah, namun kita akan mampu mengatasi tantangan tersebut. Pekerjaan kita tentu masih banyak dan butuh kolaborasi lebih besar lagi,” kata Darda.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022