Direktur Perlindungan Tanaman dari Kementerian Pertanian (Kementan) Mohammad Mulyadi mengajak petani di Provinsi Gorontalo untuk menanam dan membudidayakan tanaman sehat padi di daerah itu.

Hal itu dikatakan saat memberikan pendampingan demonstrasi area budi daya tanaman sehat padi kepada kelompok tani binaan Balai Perlindungan Tanaman, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo di Bulota, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan secara nasional terdapat 15 ribu hektare lahan yang masuk pada program demonstrasi area budi daya tanaman sehat padi pada tahun 2022 dan Provinsi Gorontalo mendapat 957 hektare lahan yang dijadikan lokasi program.

"Budi daya tanaman sehat adalah menindaklanjuti prinsip pengendalian hama terpadu," ujarnya.

Program itu mengaplikasikan kegiatan budi daya bahan yang sehat dengan tidak lupa meningkatkan kesejahteraan petani, khususnya produktivitas.

"Jadi komponen-komponen itu bisa dibuat oleh petani melalui program, kita juga ada pendampingan dari balai di masing-masing provinsi untuk membuat bahan ramah lingkungan," ungkap dia.

Dengan cara yang ramah lingkungan itu, kata Mohammad, biaya produksi akan berkurang, kesejahteraan meningkat, petani tidak terpapar bahan kimia dan menghasilkan produk yang sehat.

"Pengaplikasian dari komponen budi daya tanaman sehat ini salah satunya adalah menyehatkan lahan pertanian yang ada, sehingga keberlanjutan pertanian kita dapat berkelanjutan dan kita wariskan," kata dia, lagi.

Sementara itu Kepala Balai Perlindungan Tanaman Provinsi Gorontalo Abdul Wahid Lahay menambahkan pihaknya melatih kelompok tani menerapkan tanaman sehat komoditas padi dengan pendampingan Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT)

Penerapan budi daya tanaman sehat dimulai dari proses pemilihan benih unggul, perlakuan benih untuk meningkatkan pertumbuhan dan keseragaman perkecambahan, pengolahan tanah, dan peningkatan populasi.

Selain itu dibutuhkan peran mikroorganisme menguntungkan melalui pemanfaatan jerami, penambahan pembenah tanah organik, pengelolaan OPT secara hayati menggunakan pestisida biologi dan nabati.

Penerapan teknik budi daya tanaman padi sehat dengan benar diharapkan akan semakin meningkatkan kesehatan lingkungan dan pada akhirnya akan semakin meningkatkan kesehatan pelaku pertanian (petani) dan konsumen produk pertanian.
 
Kepala Balai Perlindungan Tanaman Provinsi Gorontalo, Abdul Wahid Lahay (tengah) memberikan sambutan pada sosialisasi DEM Area BTS di Bulota, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022