Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo menyerahkan bantuan kepada warga lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas di rumah jabatan bupati setempat.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Limboto, Minggu, mengatakan bantuan yang berikan yaitu bahan kebutuhan pokok berupa beras, gula pasir, susu kalsium, kopi, ikan kaleng, mi instan dan telur.

Sebanyak 400 jiwa yang butuh perhatian khusus menerima bantuan bahan kebutuhan pokok, diantaranya 250 orang lansia dan 150 orang penyandang disabilitas.

Bupati Nelson meminta Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo agar terus melakukan pendampingan, utamanya perhatian terhadap aksesibilitas layanan kesehatan lansia dan penyandang disabilitas di daerah itu.

"Selain bantuan, ada juga paling utama yaitu melakukan pengawasan kesehatan bagi lansia dan penyandang disabilitas itu sendiri," ucap Nelson.

Nelson meminta agar Dinas Kesehatan segera menyalurkan bantuan yang sama di tempat lain agar merata dirasakan lansia dan penyandang disabilitas yang ada wilayah-wilayah kecamatan.

“Karena ini hanya simbolis bagi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Limboto, Limboto Barat dan Telaga Biru. Sisanya segera disalurkan dan diantar agar dinikmati masyarakat," kata Nelson.

Selain bantuan tersebut, Pemkab Gorontalo telah menyerahkan bantuan beras di Kecamatan Tilango yang terdampak banjir luapan air danau limboto di halaman Mesjid Nurul Ibadah Desa Tilote.

Bantuan itu sebagai bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Gorontalo, kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Tilango yang terdampak luapan air danau limboto.

"Kami berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok pada bulan suci Ramadhan," ujar Sekretaris Daerah, Roni Sampir.

Selain menyerahkan beras kepada masyarakat terdampak luapan air danau Limboto, Sekda Kabupaten Gorontalo juga turut memberikan uang tunai dan 50 sak semen untuk pembangunan Mesjid Baitul Janah Kecamatan Tilango.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022