Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango menggelar apel siaga tenaga Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (PAM-TPS) pada Jumat (4/12), guna menghadapi Pilkada serentak 9 Desember 2015.

Penjabat Bupati Bone Bolango Nurdin Mokoginta, mengatakan, apel Siaga PAM TPS salah satu bentuk kegiatan pemerintah daerah dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada, dengan harapan bisa berlangsung aman, lancar dan demokratis.

Kemudian tujuannya adalah untuk mengecek dan mengetahui secara langsung kesiapan pasukan PAM TPS yang akan bertugas di lapangan.

"Melalui kegiatan apel siaga PAM TPS ini, tentunya kami selaku pemerintah daerah mengharapkan dukungan sepenuhnya dari aparat keamanan, baik dari unsur TNI/Polri dan aparat Linmas selaku tenaga pengamanan TPS serta `stakeholder` untuk tetap menjaga stabilitas keamanan pada pelaksanaan Pilkada di daerah ini," ujarnya lagi.

Secara keseluruhan Bone Bolango sudah siap melaksanakan "pesta demokrasi" itu, karena juga bidang pengamanan yang bekerja sama dengan TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas sudah maksimal.

"Kita sudah apel siaga yang dihadiri semua personil TNI, Polri juga Satpol PP dan semua anggota Forkopimda, ini menandakan bahwa kesiapan kita sudah maksimal," ungkap.

Nurdin berharap pula kerja sama masyarakat sangat dibutuhkan dengan cara menjaga ketertiban daerah pada hari H nanti, dan menyalurkan hak suara dengan mendatangi TPS di mana yang bersangkutan terdaftar.

Kapolres Bone Bolango AKBP Wahyu Tri Cahyono mengatakan, total personil kepolisian yang dikerahkan untuk mengamankan TPS berjumlah 267 anggota, lebih dari total jumlah TPS.

"Untuk personil pengamanan TPS kita sesuaikan dengan jumlah TPS yang ada yakni sebanyak 262 TPS, sementara anggota polisi sebanyak 267 orang," ujarnya.

Kepala Kantor Satpol PP Bone Bolanago Muhammad Yamin Abas mengemukakan, PAM TPS yang dikerahkan berjumlah 524 personil dan ditunjang oleh Satpol PP sebanyak 116 personil.

Pengaman difokuskan pada wilayah rawan basis pendukung calon-calon kepala daerah dan daerah terpencil seperti Kecamatan Pinogu dan Bulango Ulu.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015