Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (LMA), Kementerian Perindustrian bersama Pemprov Gorontalo melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo melatih Industri Kecil Menengah (IKM) motor modifikasi di Kota Gorontalo.

Kepala Diskumperindag Provinsi Gorontalo, Risjon Sunge pada kegiatan itu, Senin, mengatakan, motor modifikasi becak motor (bentor) merupakan kendaraan angkutan umum yang populer dikalangan masyarakat di daerah tersebut.

Untuk itu, pihaknya melakukan bimbingan teknis pengelasan yang diikuti oleh 26 pemilik IKM motor modifikasi untuk mendorong peningkatan kemampuan sentra IKM alat angkut.

Ia menjelaskan, bentor diciptakan sebagai salah satu alternatif lain dari mobil angkutan kota dan delman pada sekitar tahun 2000 di Gorontalo. Menurut data Dinas Perhubungan pada tahun 2019, sebanyak 9.446 unit bentor yang dioperasikani.

Sementara itu, Direktur IKM LMA, Dini Hanggandari mengatakan, sebagai kunci utama Indonesia untuk dapat terus melaju, Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas.

Selaras dengan itu, telah diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian bahwa pembangunan SDM Industri dilakukan untuk menghasilkan SDM yang kompeten guna meningkatkan peran SDM Indonesia bidang Industri.

"Oleh karena itu, sektor industri pengolahan yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia sepatutnya didukung oleh SDM berkompetan," ujarnya.

Ia menjelaskan, pada sektor industri pengolahan nonmigas, terdapat industri alat angkutan yang mampu tumbuh sebesar 14,20 persen pada kuartal I 2022.

Kinerja baik tersebut tentunya tidak terlepas dari kontribusi besar para SDM industri, termasuk di dalamnya SDM Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022