Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap pelaksanaan pemilihan kepada desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di daerah itu dapat berlangsung damai.

"Pilkades serentak merupakan wujud pelaksanaan demokrasi yang diharapkan berlangsung aman dan lancar. Juga menjadi miniatur pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di daerah ini," kata anggota Komisi I DPRD Gorontalo Utara, Jerri Kiswanto, di Gorontalo, Kamis.

Olehnya, pelaksanaan Pilkades serentak diharapkan berjalan harmonis. Penyelenggara di seluruh tingkatan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional.

Serta yang paling penting kata politisi muda itu, Pilkades bebas politik uang. Sebab potensi tersebut juga berpeluang terjadi.

Mengingat dalam pelaksanaannya, dalam tahapan Pilkades yang diikuti lebih dari 1 calon tersebut juga melalui masa kampanye.

DPRD pun berharap, seluruh penyelenggara Pilkades dapat melaksanakan tugas dan menerapkan regulasi sesuai aturan yang telah ditetapkan.

"Jangan ada yang bersikap tidak netral sebab dapat mencederai pelaksanaan proses demokrasi tersebut," katanya.

Semoga kata dia pula, pelaksanaan Pilkades di daerah ini pada bulan Agustus 2022 nanti akan berlangsung harmonis.

Masyarakat dapat memilih kepala desa sesuai keinginannya.

Serta mengikuti proses demokrasi tersebut sesuai aturan yang telah ditetapkan, untuk mencegah terjadinya konflik yang dapat mengganggu jalannya pemerintahan desa serta berpotensi pada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022