Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara menyebut Kota Manado dan Kota Tomohon masuk kategori 1 asesmen situasi pandemi COVID-19 yang dilakukan Kementerian Kesehatan.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Mery B. Pasorong di Manado, Selasa, mengatakan ada beberapa indikator penentu level asesmen situasi pandemi provinsi maupun kabupaten dan kota.

Indikator tersebut mencakup transmisi komunitas, kapasitas respons, dan vaksinasi.

Untuk indikator transmisi komunitas, kata dia, Sulut berada pada status tingkat satu, sedangkan kapasitas respons dan vaksinasi berturut-turut berstatus terbatas dan sedang.

"Satgas berharap semua pemangku kepentingan di Sulut ikut bahu-membahu menekan angka penularan kasus baru COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Dari 15 kabupaten dan kota di Sulut yang menjalani asesmen, masih ada tiga daerah di kategori 3, yaitu Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sebanyak 10 kabupaten serta kota lainnya masih berada pada kategori asesmen situasi pandemi COVID-19, yakni  Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Utara.

"Pada level provinsi, asesmen situasi COVID-19 Sulut berada pada kategori 2," kata dia.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022