Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo melatih para operator desa, melalui bimbingan teknis aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan-New Generation (SIDEKA-NG) .

Bimtek tersebut merupakan bagian dari Program Gorontalo Digital yang dibuka oleh Kepala Diskominfotik Provinsi Gorontalo Masran Rauf di Kabupaten Boalemo, Senin.

Masran mengatakan kegiatan itu melibatkan semua peserta dari dinas,  camat, kepala desa/kelurahan, serta operator desa yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta kinerja dalam pengelolaan sistim informasi desa/kelurahan dan kawasan secara berkelanjutan.

“Tuntutan untuk meningkatkan kapasitas SDM di era transformasi digital harus segera kita imbangi dengan upaya-upaya meningkatkan SDM yang berkualitas, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” katanya.

Menurutnya hal penting dalam bimtek tersebut adalah pengelolaan sistem informasi yang lebih aplikatif, dengan pengoperasian data di tingkat provinsi kabupaten dan kota.

Kepala Bidang Statsitik Diskominfotik Provinsi Gorontalo Fatma Biki mengatakan kegiatan diikuti  105 peserta, yang akan menentukan keberhasilan program Gorontalo Digital.

“Hal yang terpenting keikutsertaan para peserta bimtek ini adalah sebagai manifestasi pengelolaan sistem informasi yang terintegrasi antara provinsi kabupaten dan kota meliputi akselerasi sistem informasi desa/kawasan, utilitas sistem terhadap tata kelola pemerintahan desa, integrasi sektor dalam memajukan desa yang berbasis digital, serta peningkatan dan penyediaan data serta informasi yang berkualitas dan tepat waktu,” kata Fatma.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama hingga 5 Juli 2022.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022