Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo berkomitmen mendukung pemanfaatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Lonuo yang berada di Kecamatan Tilongkabila.

Komitmen ini disampaikan Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli saat menerima kunjungan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Gorontalo sekaligus serah terima pemanfaatan TPA Lonuo di ruang rapat Wabup, Senin.

Merlan mengatakan dengan diselesaikannya pekerjaan pembangunan TPA Lonuo ini ke depan harus dilakukan pemeliharaan.

Ia mengungkapkan tahun 2022 ini juga Pemerintah Kabupaten Bone Bolango akan mengucurkan dana PEN guna pembangunan jalan akses dan jembatan menuju TPA Lonuo tersebut.

"Tahun ini juga kami akan segera anggarkan pembangunan jalan dan jembatan melalui dana PEN minimal bulan Agustus atau September akan segera dijalankan. Kami Pemda berkomitmen untuk mendukung TPA Lonuo ini," ungkap Merlan.

Wakil Bupati memohon dukungan dengan sarana dan prasarana kepada BPPW agar jika sudah ada kelembagaan, pengelolaan TPA Lonuo ini bisa difungsikan dengan maksimal.

"Kita harus bersama menjaga fasilitas ini," tegas Merlan.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPPW Gorontalo, Nurhaidar Pakaya menambahkan pihaknya akan segera melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi TPA Lonuo agar tempat tersebut tidak terlihat gersang.

Ia juga berharap Tempat Pengolahan Sampah - Reduce Reuse Recycle (TPS3R) di Bone Bolango bisa difungsikan dengan maksimal agar sampah yang masuk ke TPA merupakan hasil yang telah dipilah dari TPS3R.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022