Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer meminta masyarakat di Kabupaten Gorontalo Utara, ikut menyukseskan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).
 

Vaksinasi BIAN dilakukan di Desa Alata Kecamatan Kwandang, yang terbagi pada dua posko pelayanan terpadu (posyandu).
 

“Kami mendorong terus BIAN maupun vaksin COVID-19, ini dalam rangka untuk menjaga tingkat kesehatan masyarakat khususnya anak-anak. Apalagi saat ini kita dihadapkan dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus difteri dan campak di Provinsi Gorontalo, jadi imunisasi dan vaksin ini harus kita genjot,” kata Hamka, Sabtu.
 

Menurutnya penyebab munculnya KLB difteri dan campak di Gorontalo adalah rendahnya capaian target imunisasi anak.
 

Hamka berharap orang tua dan masyarakat mendapatkan informasi yang utuh mengenai penyebaran penyakit tersebut, sehingga tumbuh kesadaran diri untuk mencegah penyakit.
 

“Kami mengimbau ibu-ibu yang punya bayi segera lengkapi imunisasi dasar anak, karena memang semua pencegahan dimulai dari imunisasi. Sejak pandemi mungkin banyak yang takut ke posyandu, sehingga angka imunisasi kita turun. Target nasional harus 95 persen imunisasi dan vaksin COVID-19 lengkap, sementara kita masih rendah. Tolong bantu pemerintah untuk mewujudkan target ini,” katanya.
 

Dalam kesempatan itu, Pemprov Gorontalo menyerahkan bantuan beras lima kilogram untuk setiap warga, yang melakukan vaksinasi COVID-19 dan imunisasi anak di lokasi tersebut.
 

Sementara setiap balita yang diimunisasi mendapatkan susu dan makanan ringan.
 

Jumlah anak yang berhasil diimunisasi dalam kesempatan tersebut sebanyak 49 orang.
 

Kunjungan Hamka turut didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Gorontalo Gamaria Monoarfa dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022