Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Gorontalo bersama Polda Gorontalo memperkuat kerja sama dua instansi, terutama bidang penegakan hukum dan keamanan.

"Mengingat Kementerian Hukum dan HAM tidak bisa lepas dari tugas dan fungsi Kepolisian," ujar Kakanwil Kemenkumham Gorontalo, Heni Susila Wardoyo usai bertemu Kapolda Gorontalo, Rabu.

Heni mengatakan, atas nama seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Gorontalo dan Unit Pelaksana Teknis menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Kapolda Gorontalo ke Kantor Wilayah, dan berharap dengan kunjungan itu dapat memperkokoh dan meningkatkan sinergi antar dua lembaga penegak hukum.

"Adapun tugas-tugas dari Kanwil Kemenkumham Gorontalo sendiri tidak lepas dari tugas dan fungsi Kepolisian, antara lain seperti pengamanan area Lapas, tentu kita memerlukan bantuan pengamanan dari pihak kepolisian yaitu berupa pengamanan titik sambang yang biasa dilakukan setiap hari," ujar Heni.

Hal yang serupa terkait dengan kerja sama bidang pengembangan sumber daya manusia, karena selama ini Kanwil Kemenkumham Gorontalo sudah bekerjasama dengan Polda Gorontalo melalui Satuan Brimob dalam kegiatan pelatihan kesamaptaan. 

"Seperti pada bulan Juni 2022 kita lakukan kerja sama dalam melaksanakan pembinaan fisik, mental dan disiplin petugas pemasyarakatan se Gorontalo," ungkap Heni Susila Wardoyo.   

Selain itu terkait pemantauan keamanan kedatangan orang asing yang masuk ke Provinsi Gorontalo, kata Kakanwil telah dibentuk Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) dengan melibatkan seluruh unsur penegak hukum dan instansi terkait lainnya.    

Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika berharap agar Kakanwil Kemenkumham Gorontalo beserta seluruh jajaran dapat memberikan dukungan terhadap dirinya selama bertugas di Gorontalo yang dijuluki sebagai Serambi Madinah ini.

Kedua belah pihak berharap agar kedepannya pertemuan seperti itu dapat terjalin secara berkelanjutan, selain untuk mempererat sinergi, juga sebagai media diskusi, koordinasi maupun pertukaran informasi untuk memaksimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022