Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan peringatan Tahun Baru Islam selalu menjadi wahana introspeksi diri dari perbuatan, tutur kata maupun hal-hal negatif yang dilakukan.

"Mari kita terus memperbaiki diri atau dalam artian daerah bagaimana Bone Bolango di tahun baru Islam ini lebih baik lagi," ujar Hamim di Gorontalo, Minggu.

Ia meminta seluruh masyarakat untuk memperbanyak hal-hal baik yang memberi kemaslahatan kepada umat, bermanfaat kepada masyarakat dan membuat masyarakat kualitas hidupnya lebih baik, baik secara religi maupun secara fisik atau duniawi.

Hamim mengatakan tentu kita juga berharap lewat syiar peringatan 1 Muharam, generasi muda, generasi Z, generasi milenial kita tahu apa maknanya. Apa makna hijrah sebenarnya, dan mereka tahu sejarah-sejarah di balik peringatan 1 Muharam.

"Kalau tidak diramaikan, tidak membuat kegiatan-kegiatan tentunya tidak semua tahu tentang tahun baru Islam 1 Muharam dan peringatan-peringatan lainnya dan peristiwa-peristiwa apa yang penting di balik bulan Muharam tersebut," ungkap dia.

Ia pun mengaku bersyukur dan senang di Bone Bolango untuk malam peringatan 1 Muharam di beberapa kecamatan diramaikan dengan pawai obor. Selain itu digelar Pawai Hijratul Rasul 1 Muharam 1444 H tingkat Kabupaten Bone Bolango.

"Pawai Hijratul Rasul ini mengambil start di Masjid Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango dan finish di Center Point Bone Bolango," kata dia.

Pada hari Sabtu (30/7), ribuan peserta Pawai Hijratul Rasul memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah tahun 2022 di Kabupaten Bone Bolango.

Pelaksanaan pawai yang diikuti jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), non ASN, para pelajar, dan masyarakat itu, dilepas secara langsung Bupati Bone Bolango Hamim Pou di depan Masjid Agung Baitul Haq Islamic Center.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022