Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu mengatakan pasukan pengibar bendera (Paskibra) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI yang terpilih dari pelajar SMA perwakilan berbagai sekolah, merupakan generasi muda teladan terkait nasionalisme.

"Saya bangga, para Paskibra yang telah dikukuhkan berjuang dengan latihan keras agar dapat gagah menaikkan Bendera Merah Putih di HUT Ke-77 Kemerdekaan RI yang tahun ini dipusatkan di Kecamatan Gentuma," kata Thariq di Gorontalo Utara, Selasa.

Ia mengukuhkan 26 orang anggota Paskibra yang akan bertugas pada Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, tingkat kabupaten tersebut, berlangsung di Aula Kantor Desa Gentuma.

Kebanggaan tersendiri bagi para orang tua, termasuk pemerintah daerah dalam upaya membentuk generasi muda emas dan berkualitas di daerah ini, di antaranya dengan menjadi anggota Paskibra.

Mereka (Paskibra), kata Thariq, berlatih di terik matahari, menahan kantuk di malam hari, serius dan fokus mengikuti latihan bersama dan para pelatih.

"Ini bentuk rasa nasionalisme tinggi yang patut diteladankan dan ditularkan kepada generasi muda lainnya di daerah ini," katanya.

Ia berharap tugas  Paskibra dapat berjalan lancar mulai dari upacara pengibaran hingga penurunan bendera nanti.

Prosesi pengukuhan anggota Paskibra, katanya pula, merupakan rangkaian sakral menjelang detik-detik Proklamasi.

"Bagi saya, prosesi pengukuhan ini menjadi bagian yang sangat penting karena sebelum ke fase pengukuhan, para Paskibra telah melewati perjuangan mulai dari tahapan perekrutan, seleksi, pendidikan, pelatihan. Dan pembimbingan hingga penggemblengan agar menjelma menjadi anak muda tangguh yang mampu tampil melaksanakan tugas mulia ini," katanya.

Ia meyakini seluruh anggota Paskibra mampu bertugas dengan baik dan melaksanakan amanah di hari Kemerdekaan ke-77 RI.

Nuansa berbeda ditampilkan pemerintah setempat pada peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI tingkat kabupaten, dengan memindahkan lokasi pelaksanaan upacara dari pusat pemerintahan kabupaten di Kecamatan Kwandang.

Tahun 2022 ini, Bupati Gorontalo Utara dan jajaran termasuk DPRD dan forum koordinasi pimpinan daerah, akan mengikuti upacara tersebut di Kecamatan Gentuma atau wilayah timur lintas Sulawesi di kabupaten tersebut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022