Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengenalkan uang elektronik kartu "e-Bonebol" pada kegiatan Pekan QRIS Nasional Digitalisasi to Bumi Hulonthalo (Domino) 2022 di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Jumat.

"Pemerintah daerah yang punya kartu uang elektronik atau e-Bonebol Card di Provinsi Gorontalo hanya Kabupaten Bone Bolango. Hal ini tentu membantu memudahkan masyarakat untuk bertransaksi," ucap Hamim.

Hamim mengatakan e-Bonebol Card merupakan terobosan Pemkab Bone Bolango kerja sama dengan Bank Mandiri, BRI, dan Bank SulutGo yang hingga saat ini sudah berjalan sangat baik. 

Saat ini menurut Hamim, e-Bonebol Card sudah memiliki beberapa model maupun varian, kartunya mempromosikan objek-objek wisata di Bone Bolango. Seperti objek Hiu Paus di Botubarani, Bukit Arang, Islamic Center dan Benteng Ulantha.

"Tentu karena varian e-Bonebol Card ini edisi terbatas, maka ini bisa menjadi koleksi untuk kita semua. Boleh menjadi hadiah maupun souvenir ulang tahun dan bisa dibagi-bagi kepada kawan-kawan kita semua," beber Hamim.

Kabupaten Bone Bolango menjadi salah satu daerah di Provinsi Gorontalo yang relatif maju dalam Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). Bahkan penggunaan ETPD di Kabupaten Bone Bolango hingga saat ini menduduki posisi nomor satu di Provinsi Gorontalo.

"Kabupaten Bone Bolango sudah sangat kreatif dan maju untuk ETPD. Kami sudah 93,3 persen dan sebentar lagi target kita bisa mencapai 97 persen," kata dia. 

Hamim mengakui memang untuk penerapan ETPD tidak bisa sampai 100 persen, karena masih ada beberapa kendala di beberapa tempat. Misalnya belum tersedianya Base Transceiver Station (BTS).

"Lewat ETPD atau transaksi nontunai ini bisa menguntungkan kita semua. Mudah, cepat, murah dan semuanya transparan," ungkap dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022