Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, Senin, mendorong peran Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) dalam menurunkan angka stunting di daerah.

“Tingkat konsumsi ikan di Provinsi Gorontalo tahun 2021 mencapai 65,53 kilogram per kapita per tahun. Angka ini lebih tinggi dari tingkat nasional yang rata rata berada diangka 55 kg per kapita per tahun,” katanya di Gorontalo.

Namun dibalik tingginya angka konsumsi ikan, ia mengatakan stunting di Provinsi Gorontalo masih berada pada angka 29 persen sehingga membutuhkan kerjasama semua pihak dalam penanganan-nya.

“Tentu masalah stunting ini berkaitan erat dengan asupan protein anak. Forikan dapat membantu pemda meningkatkan kesadaran masyarakat Gorontalo akan manfaat makan ikan. Ini menjadi pekerjaan utama teman-teman Forikan,” tambahnya.

Sementara itu, gubernur melantik Gamaria Purnamawati Monoarfa sebagai Ketua Forikan Provinsi Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Gorontalo Nomor 280/24/VIII/2022 tentang Pengurus Forikan Provinsi Gorontalo.

Hamka menaruh harapan besar kepada ketua dan pengurus Forikan yang baru, untuk dapat memacu peningkatan dan pemerataan konsumsi makan ikan melalui program promosi gemar makan ikan.

Ketua Forikan Gamaria Monoarfa pihaknya akan menggelar kampanye gemar makan ikan, bantuan lahan pangan ikan bagi LKSA, lomba cipta menu berbahan baku ikan, promosi dan pameran gemar makan ikan dan kegiatan penunjang lainnya.

Untuk penanganan stunting, Forikan menerapkan program makan ikan selama 1.000 hari pertama kehidupan anak.

“Ini sebagai bentuk sinergi yang positif untuk menunjang program-program pemerintah,” katanya.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022