Divisi Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo menggelar Lomba Ketangkasan Petugas Pemasyarakatan di halaman Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Selasa.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Heni Susila Wardoyo mengatakan, kegiatan itu diikuti oleh petugas dari seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di Gorontalo.

Menurutnya, secara substansi hasil dari kegiatan itu adalah memberikan peta gambaran tentang kualitas, kemampuan dan kecepatan Petugas Pemasyarakatan Gorontalo dalam mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

Terutama terkait tentang penanganan mitigasi risiko yaitu terkait situasi berisiko tinggi, warga binaan yang menderita sakit, pengawalan, pengamanan dan penggeledahan serta peningkatan kompetensi petugas pengamanan yang mampu melakukan pengamanan sesuai SOP yang berlaku.

"Kepada seluruh peserta dan insan pengayoman, bahwa deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di dalam Lapas, serta sinergitas dengan seluruh aparat penegak hukum menjadi kunci keberhasilan terwujudnya sistem pemasyarakatan," ucap dia.

Melalui kegiatan itu, jajaran Kanwil Kemenkumham Gorontalo berupaya secara maksimal membentuk kader petugas pemasyarakatan yang teruji dan disiplin, tentunya teruji lahir karena dilatih, dan lahir menjadi pemimpin karena disiplin.

Sebanyak 30 orang peserta diikuti sertakan dalam lomba uji ketangkasan, masing-masing terdiri dari enam orang dari Lapas Kelas IIA Gorontalo, enam orang dari Lapas Kelas IIB Boalemo, enam orang dari Lapas Kelas IIB Pohuwato, enam orang dari LPKA Kelas II Gorontalo dan enam orang dari Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo.

"Tentunya peserta yang terdiri dari 5 Tim UPT Pemasyarakatan Kanwil Gorontalo akan bersaing untuk menunjukkan kemampuan dan skill kebolehan dalam bidang ketangkasan fisik, teknis, manajerial dan kerja sama tim," ungkap Ketua Panitia Tjahja Rediantana.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kemenkumham Gorontalo, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, TNI dan Polri.
Sejumlah petugas mengikuti lomba ketangkasan di Lapas Kelas IIA di Kota Gorontalo, Gorontalo, Selasa (18/10/2022). Kanwil Kemenkumham Gorontalo menggelar Lomba Ketangkasan Petugas Pemasyarakatan diantaranya lomba memadamkan api, pengawalan narapidana dan penanganan orang sakit dalam rangka meningkatkan kemampuan petugas dalam situasi darurat. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022