Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, melakukan verifikasi faktual keanggotaan partai politik untuk pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024, di wilayah perbatasan kabupaten tersebut. 

"Sebanyak lima tim turun menyisir keberadaan anggota partai politik melalui verifikasi faktual keanggotaan yang dilakukan. Kami bertemu anggota parpol sesuai data alamat yang diunggah parpol itu sendiri melalui sistem informasi partai politik (sipol)," kata Ketua KPU Gorontalo Utara, Munawir Ismail, di Gorontalo, Kamis.

Sejak 19 Oktober 2022, pihaknya kata dia, didampingi Bawaslu Kabupaten sesuai fungsi pengawasannya, menyasar desa-desa di wilayah perbatasan bagian barat daerah ini, yaitu Kecamatan Tolinggula, wilayah perbatasan Gorontalo dengan Sulawesi Tengah.

Anggota parpol dijumpai secara langsung. Mereka didatangi di rumah masing-masing. Ada juga yang didatangi di tempat beraktivitas, seperti di kebun.

"Kami memastikan keberadaan mereka nyata sebagai anggota parpol sebagai bagian dari persyaratan dalam pemenuhan keanggotaan parpol calon peserta pemilu 2024," katanya.

Sebelum turun melakukan verifikasi faktual keanggotaan, pihaknya kata Munawir lagi, menyampaikan pemberitahuan ke pemerintah kecamatan demi kelancaran kegiatan tersebut.

Apalagi beberapa desa di wilayah barat tersebut, cukup sulit diakses menggunakan kendaraan baik motor maupun mobil.

Beberapa desa, bahkan harus ditempuh dengan berjalan kaki untuk dapat bertemu langsung dengan para anggota parpol.

Setelah menyisir wilayah perbatasan dan beberapa kecamatan di bagian barat tersebut, termasuk Kecamatan Biau, Sumalata, Sumalata Timur, Monano dan Anggrek, pihaknya kata Munawir, akan bergerak ke wilayah bagian timur atau perbatasan antara Gorontalo dan Sulawesi Utara.

Untuk menyasar wilayah Kecamatan Atinggola, Gentuma dan Tomilito, sesuai data persebaran alamat para anggota parpol.

Selanjutnya, akan menyasar wilayah Kecamatan Kwandang yang ada di pusat kabupaten. Sesuai data pada Sipol yang dikirimkan KPU RI, anggota parpol terbanyak, ada di kecamatan tersebut.

"Kita akan menyasar seluruhnya, hingga menjangkau 1.109 keanggotaan di 9 parpol yang akan diverifikasi faktual, termasuk yang ada di wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan," katanya.

Tahapan tersebut akan berlangsung hingga 4 November 2022.

"Semoga seluruh tim KPU dan Bawaslu Kabupaten, dalam kondisi sehat dan prima untuk melaksanakan seluruh tahapan hingga hari pemungutan suara nanti pada 14 Februari 2024," imbuhnya.***
KPU Gorontalo Utara bersama Bawaslu setempat, melakukan verifikasi faktual keanggotaan partai politik di wilayah perbatasan bagian barat, di Kecamatan Tolinggula, Biau, Sumalata dan Sumalata Timur. (ANTARA/HO-humas KPU Gorontalo Utara)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022