Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bersama petugas merayakan Tradisi Walima memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA, UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo di Kota Gorontalo.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Kasdin Lato, Sabtu, mengatakan kegiatan itu mengusung tema “Maulid Nabi Momentum Peningkatan Iman Menuju Insan yang Berahlaqul Qarimah”.

Kegiatan yang diikuti oleh 500 warga binaan itu diapresiasi oleh Kasdin, menurutnya tradisi itu merupakan salah satu pembinaan mental dan spiritual.

"Kegiatan ini berjalan tertib, aman dan terkendali yang dipandu doa maulid oleh ahlul (pembawa doa). Harapan saya, momen kegiatan ini agar dapat dilaksanakan setiap tahunnya, karena dapat menjadi bahan refleksi bagi warga binaan untuk terus berubah menjadi insan yang lebih baik dan berakhlak mulia," ujar Kasdin

Kasdin mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh pihak, baik Satuan Unit Kerja, Dharma Wanita Persatuan Lapas Gorontalo, maupun warga binaan atas dukungannya untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

Ketua Umum Badan Takmir Masjid At-Taubah menyampaikan, suka cita sekaligus sujud syukur dengan adanya inisiatif seluruh pihak untuk menggelar acara yang besar itu.

"Alhamdulillah kegiatan yang merupakan agenda tahunan Tamirul ini sukses dilaksanakan. Mudah-mudahan kegiatan pembinaan yang mengangkat budaya dan kearifan lokal Gorontalo ini dapat lebih mempererat tali silaturahmi antar sesama warga binaan di Lapas Kelas IIA Gorontalo," kata dia.

Selain menggelar zikir dan doa, Tolangga atau wadah besar yang dihiasi kue dan makanan serta minuman yang dibuat oleh warga binaan, turut dinilai oleh dewan juri.

"Setelah penilaian oleh dewan juri, tak dapat dihindari seluruh warga binaan dan petugas tumpah ruah, berebutan sajian kue yang ditampilkan pada Tolangga dan Toyopo," pungkas dia.
Kue kolombengi dihias di Tolangga atau wadah besar pada Festival Walima di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA di Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (22/10/2022). Warga Binaan Pemasyarakatan bersama takmirul masjid At Taubah merayakan tradisi Walima dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menyajikan 20 Tolangga dan Toyopo (wadah kecil) yang hiasi dengan aneka kue dan makanan. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022