Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir mengatakan Desa Pilohayanga  Kecamatan Telaga  Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo masuk dalam nominasi lima besar penilaian lomba desa tingkat nasional 2022.

"Penilaian lomba desa akan berlangsung selama tiga hari. Tim Penilai akan mewawancarai perangkat desa dan masyarakat Desa Pilohayanga untuk klarifikasi," ucap Roni Sampir di Gorontalo, Senin.

Ia menguraikan masing-masing desa yang masuk nominasi memiliki keunggulan, baik dari sisi pengelolaan pelayanan masyarakat serta ciri khas desa itu sendiri.

Klarifikasi tersebut merupakan tahap ketiga yang menyisakan lima desa untuk seluruh provinsi di wilayah tiga yakni Kalimantan, Sulawesi dan Gorontalo. Desa Pilohayanga masuk salah satu desa pada lima nominasi tersebut.

Roni Sampir memberikan selamat kepada Desa Pilohayanga yang berhasil masuk nominasi lima besar penilaian lomba desa tingkat nasional.

"Masih ada kesempatan bagi Desa Pilohayanga untuk masuk pada tiga besar dan menjadi wakil dari wilayah Sulawesi dan Kalimantan di tingkat nasional," ujar Roni Sampir.

Ia mengungkapkan penilaian lomba desa harus menjadi bahan introspeksi dan retrospeksi bagi pemerintah desa itu.

"Sehingga dengan lomba ini diketahui kekurangan kita, dapat dijadikan dasar dalam perbaikan ke depan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat," beber nya.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus melancarkan program pembangunan sampai ke tingkat desa, baik di segi infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian.

"Bahkan kami telah mengusulkan di tahun depan di tingkatkan menjadi Rp70 miliar," kata dia.

Hal tersebut, tambah Roni, karena pemerintah daerah melihat pemerintah desa sebagai garda terdepan pelayanan kepada masyarakat.

"Sehingga harus digenjot pembangunannya maka yang menikmatinya juga adalah masyarakat, mari doakan semoga Desa Pilohayanga mendapat predikat terbaik di tingkat nasional dan menjadi contoh dari seluruh desa di Kabupaten Gorontalo," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022