Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Gorontalo mengerahkan petugas BPJS Satu untuk memantau pelayanan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di fasilitas kesehatan.

Petugas BPJS Satu Kantor Cabang Gorontalo Maya Rivai di Gorontalo, Selasa, mengatakan bahwa Petugas BPJS Satu (Siap Membantu) rutin mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan untuk mengecek pelayanan bagi peserta JKN.

Menurut dia, pengerahan petugas BPJS Satu merupakan bagian dari upaya untuk mengoptimalkan peran Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit.

Dalam setiap kunjungan ke fasilitas pelayanan kesehatan, ia menjelaskan, petugas BPJS Satu melayani pengaduan serta memastikan penyelesaian pengaduan yang disampaikan oleh peserta JKN.

Selain itu, petugas BPJS Satu menyampaikan informasi mengenai Program JKN serta alur pelayanan bagi peserta JKN.

Maya mengatakan bahwa petugas BPJS Satu juga aktif menanyakan langsung kepada peserta JKN mengenai pelayanan fasilitas kesehatan serta memastikan peserta tidak dikenai biaya tambahan.

"Selain itu kami juga rutin untuk berkunjung ke ruang rawat untuk menanyakan langsung kepada peserta apakah kelas rawat yang didapat sudah sesuai," katanya.

Yerico Yacob, seorang peserta JKN, merasa terbantu dengan kehadiran petugas BPJS Satu.

"Tadi dijelaskan oleh petugas, ternyata kacamata bisa ditanggung oleh Program JKN, dijelaskan juga bagaimana alur untuk mengurusnya juga," kata Yerico. 

"Bagus ya, dengan adanya kegiatan kunjungan dari BPJS Kesehatan ke peserta ini turut membantu kami yang belum mengetahui alur layanan," ia menambahkan.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022