Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara akan menyalurkan 1.800 sambungan listrik gratis tahun anggaran 2016 ke warga kurang mampu.

"Setiap desa, akan menerima 15 sambungan listrik gratis tersebar di 123 desa di 11 kecamatan," ujar Bupati Indra Yasin, Kamis.

Menurut dia, program gratis tersebut adalah upaya pemerintah daerah memenuhi kebutuhan dasar masyarakat khususnya ketersediaan energi listrik di wilayah terpencil.

Indra menegaskan, bantuan ini hanya untuk masyarakat miskin sehingga pemerintah daerah terus berupaya mendapatkan alokasi bantuan tersebut dari pemerintah pusat, selain bersumber dari APBD Kabupaten maupun Provinsi.

Disamping upaya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah pedalaman dan perbatasan.

Pemerintah daerah pun terus mendorong percepatan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Anggrek berkekuatan 2x25 mega watt agar suplai listrik di daerah ini maupun Provinsi Gorontalo terpenuhi dengan baik.

Khusus untuk Kecamatan Ponelo Kepulauan, tinggal empat rumah tangga lagi yang belum menikmati fasilitas penerangan listrik kata Indra, sehingga pemerintah daerah berupaya membangun PLTS di wilayah berpenduduk empat ribu jiwa tersebut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016