Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendorong konsistensi pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan.

Menurut Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deisy Sandra Maryana Datau, di Gorontalo, Senin, pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi perhatian nasional maupun dunia.

Sehingga peran seluruh pemangku kepentingan sangat diharapkan untuk bersinergi mewujudkannya.

Di daerah ini, tentu kata Deisy, pembangunan berkelanjutan sangat penting terlaksana mulai dari desa.

Sebab wilayah desa merupakan 'jantung' untuk daerah, mengingat kemajuan daerah ditentukan pula oleh kemajuan desa.

"Saya berharap, konsistensi pembangunan daerah dari desa, dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses," katanya.

Seperti mewujudkan desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, serta desa sehat sejahtera, dan masih banyak lagi.

"DPRD pun akan mengambil bagian dalam fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan," katanya.

Dengan begitu, seluruh pihak dapat mengambil peran masing-masing dalam mewujudkan pembangunan daerah berkelanjutan mulai dari desa.

Maka keberhasilan diantaranya, dalam pencapaian pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi dari desa, akan terwujud sesuai harapan bersama.

Tenaga pendamping desa Kecamatan Tolinggula, Sadam Salihi, mengatakan, selain melakukan pendampingan pendataan kondisi masyarakat, mulai dari dusun, kepala keluarga dan individual.

Pihaknya pun ikut memberi pemahaman kepada masyarakat terkait mendukung program pemerintah dalam menyukseskan pembangunan berkelanjutan.

Hal ini penting kata dia, sebab pembangunan tanpa dukungan masyarakat, akan menyulitkan dalam mewujudkan seluruh instrumen yang akan dilaksanakan untuk meraih keberhasilan.

Sehingga masyarakat harus ikut didorong berpartisipasi aktif dalam menyukseskan pembangunan berkelanjutan, seperti secara bersama-sama membangun kemandirian ekonomi desa dengan menggerakkan sektor riil melalui geliat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Maupun berpartisipasi dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan desa.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022