Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo bersama Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan
gerakan menanam sebanyak 12.500 pohon untuk merawat lingkungan dan menjaga udara bersih.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, di Gorontalo, Selasa mengatakan sebanyak 12.500 berbagai jenis bibit pohon dan buah-buahan ditanam sepanjang bantaran Sungai Bone.

"Bibit pohon dan buah ini juga disalurkan ke desa yang ada di Kecamatan Suwawa dan Kecamatan Kabila," ucap Hamim Pou.

Ia berharap kegiatan tersebut sebagai bagian dari komitmen bersama untuk menjaga dan merawat lingkungan, berkontribusi untuk udara bersih, mengurangi karbon serta sebagai pohon pelindung dan penghijauan.

Selain itu, Hamim juga menuturkan jika gerakan menanam bibit pohon memiliki dampak ekonomi yang menghasilkan, sebab ada pohon-pohon buah yang bisa dikonsumsi atau dijual.

"Saya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PLN ini, saya harapkan pada masa akan datang selain menanam pohon ada kegiatan lain seperti pengembangan UMKM, juga bina lingkungan yang bisa dialokasikan ke Kabupaten Bone Bolango,"tutur Hamim.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah melakukan penanaman 5.000 pohon aren di Kecamatan Bulango Ulu yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kecamatan dan Desa, serta masyarakat setempat.

Aksi penanaman ribuan pohon aren ini, adalah bagian dari usaha pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bone Bolango untuk melestarikan bumi, yaitu dengan melakukan usaha-usaha konservasi atau perlindungan.

Manajer UP3 PLN Gorontalo, Supriadi, menjelaskan kegiatan itu sebagai keseimbangan yang dilakukan oleh pihaknya.

Sebab di satu sisi PLN sering melakukan pemangkasan dahan pohon yang sudah bersentuhan dengan jaringan listrik dan di sisi lain pihaknya juga ingin kembali melakukan penanaman.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022