Pelayanan Bimas Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo hingga kini melayani umat Kristiani di Gorontalo sebanyak 23.276 jiwa, 191 gereja, 17 denominasi gereja dan 21 lembaga sosial keagamaan.

“Inilah bagian dari pelayanan Bimas Kristen sekaligus sebagai mitra kerja untuk bersama-sama mendukung dan menyukseskan program kerja Kementerian Agama,” kata pembimbing masyarakat (Pembimas) Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Mery Stientje Kontu pada perayaan Natal bersama dengan para penyuluh dan guru agama Kristen di Gorontalo, Selasa.

Mery mengatakan perayaan Natal tahun ini sengaja dilaksanakan lebih dulu sebelum 25 Desember, sebagai sarana berkumpulnya dan silaturahmi dengan Ketua dan Sekretaris Sinode, para pimpinan gereja, penyuluh agama dan guru agama Kristen, pendeta dan gembala se-Gorontalo, dengan jajaran Kanwil Kemenag.

“Atas kemurahan hati dan kasih dari Tuhan Yesus perayaan Natal ini terlaksana sesuai harapan bersama. Terima kasih tak terhingga kepada Kakanwil yang telah mempercayakan saya sebagai Pembimas Kristen melayani umat Kristiani yang ada di Gorontalo,” katanya.

Untuk melayani umat Kristiani di daerah ini, jumlah pegawai Bimas Kristen terdiri dari pembimbing masyarakat, pengawas guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) 1 orang, penyuluh Agama Kristen satu orang berstatus aparatur sipil negara dan tiga orang Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), 80 orang penyuluh Agama Kristen non-ASN, dan 33 orang guru agama Kristen.

Dengan sumber daya yang dimiliki tersebut, umat Kristiani di Gorontalo bertekad menyukseskan program prioritas Kemenag.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Muflih B Fattah berharap pelayanan terhadap umat kristiani di daerah itu bisa maksimal.

"Selaku Kakanwil saya mengucapkan selamat memperingati Natal 2022, semoga Natal tahun ini mendapatkan keberkahan dan kekuatan lahir batin dalam menjalankan aktivitas kita masing-masing," kata Muflih.

Menurutnya momentum perayaan Natal memiliki banyak makna dan hikmah yang dapat dipetik bagi umat Kristiani.

Kepada para penyuluh Agama Kristen, ia meminta agar dapat menjalankan tugas fungsi sebagai penyuluh dan guru agama Kristen dengan baik.

Kepada para penyuluh kiranya bisa menyampaikan pesan-pesan agama dan pembangunan. Para penyuluh dan guru agama Kristen adalah corong pemerintah untuk menyampaikan harapan pemerintah," katanya.

Ia menjelaskan di instansinya ada tujuh program prioritas, dua diantaranya adalah penguatan moderasi beragama dan transformasi digital.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022