Inspektorat Provinsi Gorontalo menggelar lomba cipta-baca puisi dan konten kreatif, untuk memperingati Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) tahun 2022.

Babak final lomba yang melibatkan siswa siswi SMA/SMK itu digelar di Rumah Adat Dulohupa Kota Gorontalo, Jumat.

Siswa siswi SMA/SMK diminta untuk cipta-baca puisi serta konten kreatif dengan tema “Membangun Generasi Gorontalo yang Tangguh dan Bebas Korupsi”.

Karya sudah dikumpul panitia sejak tanggal 20 – 30 November 2022, dengan proses penjurian untuk menentukan 10 nominator yang dilaksanakan 1 Desember 2022.

Inspektur Provinsi Gorontalo Sukril Gobel menjelaskan, pelaksanaan berbagai lomba tersebut dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi kepada siswa.

Kreativitas siswa dengan akses media sosial juga diharapkan bisa mendesiminasi pesan anti korupsi kepada masyarakat luas.

“Lima sampai 10 tahun nanti adik-adik jadi pemimpin. Mengganti bapak ibu guru, menggantikan saya sebagai inspektur, kepala dinas dan sebagainya. Pendidikan anti korupsi sudah harus mulai dari sekarang untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi,” kata Sukril.

Lomba cipta-baca puisi diikuti oleh 37 peserta dari 28 sekolah se Gorontalo, sementara lomba konten kreatif diikuti 16 peserta dari 12 sekolah.

Babak final yang digelar hari ini untuk menentukan terbaik I hingga harapan III.

“Acara puncak Hakordia 2022 akan digelar tanggal 8 Desember. Ada banyak acara nanti termasuk penyerahan hadiah lomba ini,” imbuhnya.

Final lomba diisi dengan cipta-baca puisi dari 10 nominator, serta pemutaran video 10 konten kreatif hasil penjurian sehari sebelumnya yang disaksikan siswa dan guru pendamping yang masuk nominator.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022