Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mencetuskan ide untuk mengajak sejumlah pejabatnya berkunjung ke rumah tahanan (rutan), sebagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi.

Hamka bercerita pengalamannya ikut program Penguatan Antikorupsi yang digelar KPK beberapa waktu lalu, yang menerima materi tentang pencegahan korupsi dan mencicipi bagaimana sengsaranya hidup di balik tembok penjara.

“Kami dibawa ke tahanan KPK. Oleh petugas KPK kami disuruh masuk dulu, harus merasakan aroma tahanan. Begitu kami masuk langsung dikunci dari dalam. Bapak rasakan dulu 10 menit kata petugasnya. Asam lambung saya naik pak,” kata Hamka saat membuka Hari Antikorupsi Sedunia tahun 2022 yang berlangsung di GPCC Kota Gorontalo, Kamis.

Pengalaman singkat itu menurut Hamka sangat berkesan bagi dirinya dan pejabat lain yang ikut, karena mendapat gambaran penyesalan yang besar jika seseorang terlibat kasus korupsi.

Berangkat dari pengalaman itu, ia ingin semua pimpinan OPD melaksanakan kegiatan serupa.

Ia meminta Inspektur Provinsi Gorontalo mengkoordinasikan dengan aparat hukum, untuk izin kunjungan ke rumah tahanan.

“Ini saya serius ya pak inspektur. Tahun depan selain workshop, buatkan studi lapangan peninjauan sel tahanan. Setelah itu buatkan testimoni juga persis yang saya alami. Saya yakin cara ini sangat efektif, karena kita akan berpikir 1.000 kali untuk melakukan kecurangan yang berimbas korupsi di daerah,” katanya..

Puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia tingkat Provinsi Gorontalo ini diisi dengan penghargaan untuk lomba cipta baca puisi dan konten kreatif tingkat SMA SMK dan SLB.

Juara I lomba cipta dan baca puisi diraih oleh siswa SMA Negeri 8 Gorontalo, juara II siswa SMA Negeri I Gorontalo, juara III siswi SMA Negeri I Boliyohuto.

Juara I lomba konten kreatif diraih SMK Negeri I Marisa, juara II SMA Negeri I Telaga, juara III diraih SMA Negeri I Limboto.

Selain lomba untuk pelajar, Inspektorat juga memberikan LHKPN Award kepada pejabat dan OPD terbaik dalam hal pelaporan LHKPN tercepat dan terverifikasi dengan baik.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022