Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pohuwato menerima penghargaan sebagai Terbaik II Satuan Kerja (Satker) Vertikal Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kategori Pagu Sedang Tahun 2022 dari Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo Sugiyarto dan diterima langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Pohuwato Irman Jaya di Gorontalo, Selasa.

Kalapas Pohuwato Irman Jaya mengatakan penghargaan itu adalah kado manis pada penghujung tahun 2022, khususnya bagi seluruh jajaran Lapas Pohuwato dalam menunjukkan kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2022.

"Tentunya saya berharap kepada pengelola keuangan di Satker Lapas Pohuwato untuk jangan terlena dengan pencapaian penghargaan ini, terus tingkatkan kinerja pengelolaan dan pelaksanaan anggaran di tahun tahun mendatang," ucap dia.

Ia berharap kepada para pengelola anggaran di Lapas Pohuwato untuk jangan sungkan dalam bertanya dan berkonsultasi kepada petugas Kanwil Perbendaharaan Provinsi Gorontalo.

"Saya yakin, bahwa mereka siap membantu para pengelola keuangan agar kinerja pelaksanaan anggaran pada tahun tahun mendatang dapat semakin meningkat," ujar Kalapas.

Ia menegaskan bahwa, jika kita melakukan sesuatu dengan serius atau berupaya dengan sungguh-sungguh dalam sebuah aktivitas pekerjaan, maka akan mencapai hasil yang maksimal.

"Itulah yang dikatakan bahwa proses tidak pernah mengkhianati hasil," tutup Irman.

Sebelumnya, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Sugiyarto mengungkapkan penghargaan diberikan kepada beberapa Satuan Kerja di wilayah Provinsi Gorontalo yang memiliki nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Periode Tahun 2022 dengan nilai terbaik.

IKPA merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga.

"IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran yang disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan yang terintegrasi pada Online Monitoring (OM) SPAN yang dijadikan ukuran dan mencerminkan kinerja satuan kerja atas kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, serta kualitas hasil pelaksanaan anggaran," ucap Sugiyarto.

Penghargaan IKPA ini dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu Kategori Satker Pagu Besar, Kategori Satker Pagu Sedang, dan Kategori Satker Pagu Kecil.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022