Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Gorontalo menggelar akselerasi vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat umum di 45 titik di lima kabupaten dan satu kota di daerah itu.

Kapolda Gorontalo, Irjen Polisi Helmy Santika di Gorontalo, Senin, mengatakan, 45 titik pos vaksinasi tersebar di Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango, Boalemo, Gorontalo Utara hingga Pohuwato.

"Secara umum ini merupakan target dari Provinsi Gorontalo untuk akselerasi vaksinasi di tahun 2022 ini," ucap dia.

Helmy Santika menjelaskan, untuk dosis dua vaksinasi COVID-19 ditargetkan mcapai 70 persen, kemudian untuk booster atau dosis tiga hingga 50 persen.

"Kami beserta seluruh Forkopimda yang ada di Gorontalo melaksanakan kegiatan akselerasi vaksinasi yang memang dipusatkan di Polda tapi juga dilaksanakan di beberapa wilayah lain," ungkap Kapolda.

Seperti di kantor Polres, Polsek dan sejumlah titik keramaian yang ada di kabupaten dan kota.

"Target kita untuk bisa mencapai sejumlah kurang lebih 14 ribu vaksinasi sehingga pada akhir tahun 2022 ini apa yang disampaikan oleh pak Gubernur target 70 persen untuk dosis dua dan 50 persen dosis tiga bisa tercapai," harap dia.

Pada kegiatan akselerasi vaksinasi itu, Polda Gorontalo menerjunkan 1.240 tenaga kesehatan.

Di antaranya Polda Gorontalo 250 orang, wilayah Polres Gorontalo Kota 146 orang, Polres Limboto 186 orang, Polres Bone Bolango 250 orang, Polres Boalemo 220 orang, Polres Pohuwato 93 orang serta di wilayah Polres Gorontalo Utara sebanyak 95 orang.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer memberikan apresiasi terhadap kolaborasi antar Forkopimda yang telah bersinergi dalam rangka penanganan COVID-19 selama ini.

"Mudahan mudahan usaha dari pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19 ini akan ada respon baik pula dari masyarakat sehingga capaian vaksinasi dari Gorontalo akan naik," harap Hendra.
Sejumlah anggota Polri dan BPBD menyiapkan bingkisan bahan pokok bagi peserta vaksinasi COVID-19 di halaman Polda Gorontalo di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Senin (19/12/2022). Polda Gorontalo bersama enam Polres menggelar akselerasi vaksinasi COVID-19 dengan membuka 45 lokasi, melibatkan 1.240 petugas tenaga kesehatan serta menargetkan 14 ribu peserta vaksin dalam rangka percepatan cakupan peserta vaksin. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022