Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengajak seluruh elemen pemuda di daerah itu, untuk cepat tanggap mencegah paham radikalisme dan aksi terorisme.

"Pemuda merupakan salah satu pilar bangsa yang wajib berperan di berbagai sektor pembangunan, termasuk dalam upaya menangkal paham radikalisme dan mencegah terorisme," kata Ketua DPD KNPI Gorontalo Utara, Mikdad Yeser, di Gorontalo, Kamis, pada Seminar bertema Menangkal Radikalisme dan Terorisme di Gorontalo Utara.

"Daerah kita ada di perlintasan Sulawesi yang merupakan wilayah terbuka sehingga orang dapat masuk dan keluar kapan saja ke Provinsi Gorontalo, melalui kabupaten ini," katanya.

Hal itu mendorong KNPI Kabupaten, untuk mengumpulkan seluruh elemen pemuda, dalam rangka menyamakan pendapat terhadap aksi pencegahan.

Seminar tersebut, dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Yunus Eraku. Dan menghadirkan pemateri dari Kodim 1314 dibawakan Danramil Kwandang, Lettu Inf Edy Sriyanto.

Polres Gorontalo Utara, dibawakan Kasat Intel IPTU Lukman Yunus, serta Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) ICHSAN Gorontalo Utara, Dr Fatmah Ngabito.

Seminar itu diikuti para mahasiswa, pelajar SMA, serta organisasi kepemudaan dan unsur DPD II KNPI Gorontalo Utara.

Mikdad menyebut, pemuda harus memahami apa itu radikalisme dan terorisme. "Kalau sudah paham, akan mudah menangkal. Bahkan diharapkan pemuda menjadi agen-agen yang akan mengedukasi masyarakat untuk sedini mungkin mencegah masuknya paham radikalisme dan terorisme," katanya.

Melalui seminar tersebut, pemuda diharapkan pula memahami paham-paham yang berpotensi merusak tatanan kehidupan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

KNPI pun akan terus mendorong sinergi antara organisasi kepemudaan dan pemerintah daerah dalam menangkal masuknya radikalisme dan terorisme.

Dengan mengedepankan rasa cinta Tanah Air dan bela bangsa, KNPI kata Mikdad, wajib terus mendorong pemuda untuk dapat hidup berbangsa dan bernegara yang baik.
DPD KNPI Gorontalo Utara, menggelar Seminar bertema Menangkal Radikalisme dan Terorisme di Gorontalo Utara. ANTARA/Susanti Sako

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022