Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango Provinsi Gorontalo mencanangkan Gerakan Ibu Hamil Sehat untuk menurunkan angka stunting dan Angka Kematian Ibu (AKI).

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Jumat, mengatakan gerakan ini diimplementasikan untuk mewujudkan ibu hamil yang sehat dan berpengetahuan.

"Serta mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan sebagai salah satu upaya pencegahan stunting sejak sebelum bayi lahir," ucap dia.

Untuk mencegah stunting sejak masih dalam kandungan maka Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tapa berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Bone Bolango melaksanakan kegiatan pencanangan Gerakan Ibu Hamil sehat tingkat Kabupaten Bone Bolango.

Hamim menjelaskan selama kehamilan ibu-ibu hamil harus mendapatkan pelayanan yang prima sehingga ibu hamil dalam keadaan sehat dan bahagia selama masa tersebut.

"Dari awal kehamilan, ibu-ibu harus selalu kita kontrol, sehingga lewat pencanangan ini diharapkan ibu-ibu melakukan enam kali pemeriksaan," kata Bupati Hamim.

Ia mengimbau ibu-ibu hamil untuk menjaga pola makannya serta menjaga kebugaran tubuhnya agar pertumbuhan janin makin lebih baik.

"Untuk ibu-ibu hamil, perhatikan makannya, makan makanan yang bergizi dan jangan lupa berolahraga secara teratur, kemudian perhatikan berat badan karena kalau terlalu gemuk akan sulit untuk bernafas,"imbau Hamim.

Ia mengharapkan kepala desa, camat, serta pihak Puskesmas Tapa untuk sama-sama mendukung serta menjaga kesehatan ibu-ibu hamil sampai proses persalinannya.

"Termasuk juga tadi sudah saya bilang, jangan lupa berolahraga, lapangan sangat luas sekali ini di lapangan Ippot Tapa ini," terang Bupati.

Pada kesempatan itu, pihak Puskesmas Tapa berkolaborasi dengan Dinkes Bone Bolango, menyerahkan bantuan susu secara simbolis kepada ibu-ibu hamil dan minum tablet tambah darah serentak pada kegiatan tersebut.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022