Tim Jibom Gegana Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo melakukan sterilisasi 11 gereja yang akan digunakan untuk ibadah Natal tahun 2022 di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

Kepala Unit 1 Gegana Brimob Polda Gorontalo, Ipda Agus Slamet usai kegiatan itu mengatakan sterilisasi dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman jemaat yang akan melakukan ibadah Natal.

Ia menjelaskan, dua tim Gegana Brimob disebar untuk melakukan sterilisasi gereja, mulai dari halaman, pintu masuk, ruang ibadah, mimbar, hiasan hingga meja dan kursi.

"Kami melakukan sterilisasi dalam rangka mengamankan dan menjalankan Operasi Lilin Otanaha 2022," ucap dia.

Ipda Agus mengungkapkan, melalui kegiatan itu pihaknya ingin memastikan keamanan lokasi ibadah dari ancaman bom dan teror.

"Semua kita sterilkan, bahkan hingga kelistrikan," kata dia.

Setelah melakukan sterilisasi, personel unit Jibom Polda Gorontalo akan bersiaga usai melakukan penyisiran gereja yang akan gunakan untuk ibadah Natal.

Ipda Agus Slamet berharap, dengan kehadiran Polri di tengah masyarakat yang akan melakukan ibadah Natal, dapat memberikan rasa aman.

Selain sterilisasi oleh unit Jibom Polda Gorontalo, tim gabungan pengamanan Natal dan tahun baru di Kota Gorontalo melibatkan personil TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Sebelumnya, Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Helmy Santika mengatakan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polda Gorontalo melaksanakan operasi terpusat yang akan dimulai pada tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 nanti.

"Dalam rangka mengamankan ini, seluruh personel total baik itu Polda Gorontalo dari TNI, dari Pemerintah Provinsi dan kabupaten," ucap Kapolda.

Ia menjelaskan, personel tersebut ditugaskan untuk mengamankan khususnya tempat ibadah dan lainnya di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.
 
Seorang anggota Jibom Brimob Polda Gorontalo melakukan sterilisasi gereja di Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (24/12/2022). Unit Jibom Brimob melakukan pemeriksaan dan sterilisasi seluruh bagian ruangan dan bangunan gereja yang akan digunakan untuk perayaan Natal, guna menjamin keamanan dan kenyamanan jemaat saat ibadah nanti. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022